Sunday 7 July 2013

Apa Itu Root?


Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux (termasuk android). Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna HP) punya akses ke account root tersebut ,jadi kitalah yang punya kekuasaan penuh pada HP android yang kita punya.

Banyak sekali hal-hal menguntungkan yang bisa dinikmati jika kita sudah melakukan proses root, salah satunya pada beberapa aplikasi utility, seperti Root Explorer yang sangat banyakberguna, salah satunya untuk edit build.prop, menghapus aplikasi bawaan vendor dan lain lain. Tidak hanya aplikasi itu saja yang mempunyai sejuta multifungsi tertentu, masih ada Chainfire, RAM Expander,  Rakun optimizer, Link2SD, Hexacomb, Z-Screenrecorder dan masih banyak lagi, sobat bisa menemukannya di Playstore, begitu banyak aplikasi yang mengharuskan pengguna menggunakan Root.

Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Kelebihan Root:
  • Akses yang tak terbatas terhadap system androit.
  • Bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan vendor yang dianggap kurang berguna, sehingga memory internal lebih luang bagi perangkat-perangkat bermemory rendah.
  • Bisa merubah tampilan system menggunakan custom rom.
  • Bisa meminndahkan memindahkan aplikasi-aplikasi tertentu (cth: Facebook, twitter, dll) ke memory eksternal

Kekurangan Perangkat Yang Sudah Di Root: 
  • Garansi Handphone akan hilang, apabila perangkat di root.  Semua vendor ponsel mengatakan bahwa HP android yang telah di root akan hilang masa garansinya, hal ini dikarenakan dengan kita telah me-root hp android kita, kita sudah mengotak-atik file system pada sebuah HP android sehingga vendor tidak mau bertanggung jawab apabila ada kerusakan HP android yang telah di root.
  • Rentan terhadap Virus dan Malware.
Mungkin ini saja penjelasan tentang root yang bisa saya bagikan, semoga bisa membantu para pengguna  dalam menentukan apakah perangkat anda ingin di root atau tidak :)

Sumber:http://ie-usa.blogspot.com
            http://androdoctor.blogspot.com
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Apa Itu Root?
Ditulis Oleh bogorend
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Apa Itu Root? ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Maaf apabila terjadi keterlambatan dalam membalas komentar, karena saya hanya mengurus blog ini sendirian dan tidak selalu online 24jam. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

 
Facebook Twitter Google+ RSS
Back to Top